Battle Brand Hand Body/Body Lotion: Nivea Extract White Instant Glow Vs Vaseline Healthy Whitening




Pernah mengalami warna kulit badan yang belang?seperti dipunggung tangan dan pergelangan tangan karena sering pake baju lengan panjang/jaket. I feel u guys, selama kuliah aku sering pake baju yang lengan panjang biar ngk gosong eh malah belang jadinya. Lumayan kontras banget belangnya. Ada satu bagian badan lagi yang rawan belang yaitu punggung kaki, belang ngecap sandal jepit,flatshoes lebih parah lagi ini belangnya sampe ngecap bentuk dari sandal/flatshoesnya. Aku punya trik ini buat ngembalin warna kulit yang belang atau mengurangi warna kulit yang belang agar tidak terlalu kontras belangnya. Kali ini untuk mengatasi permasalahan kulit belang, aku menggunakan dua produk hand body/ body lotion dari dua brand yang berbeda yaitu nivea dan vaseline yang kurang lebih memiliki fungsi yang sama-sama untuk mencerahkan kulit.

1. Vaseline Healthy Whitening

    Setelah bosen dengan produk handbodyku yang lama dan menurutku produk lama yang aku pake ngk terlalu bekerja untuk melembapkan dan mencerahkan kulit badan, maka selam 2 tahun kebelakang ini aku setia pake produk handbody dari vaseline khususnya yang varian Healthy Whitening UV Lightening. Untuk harga Vaseline Healthy Whitening aku biasanya beli di alfamart pas promo bisa jad 18 ribuan atau kalo ngk promo 27 ribuan untuk isi kemasan 200 ml. Jadi beli lah pas promo wkwkwk. Why aku milih varian handbody vaseline yang Healthy White, ya karena aku butuh yang mencerahkan sekaligus melembapkan. FYI kulit badanku gampang merah kyk kepiting rebus atau merah-merah kyk stroberi, emang keliatannya cerah pas kena sinar matahari tapi nyantanya cerahnya itu ada flek-flek merahnya dan yang nyadar cuma aku bagi orang lain itu gpp. Kalo udah gitu pas masuk dalem ruangan mulai deh warna kulit lebih gelap.

Klaim pada kemasan:
  • Kulit tampak cerah dalam 2 minggu
  • dengan vitamin B3 dan triple sunscreens
  • cepat meresap dan tidak lengket

Ingredients:

Water, isopropyl myristate, stearic acid, glyceryl stearate, mineral  oil, ethylhexyl methoxycinnamate, niacinamide, glycerin, petrolatum, butyl methoxydibenzoylmethane, tocopheryl acetate, sodium ascorbyl phosphate, titanium dioxide, dimethicone, triethanolamine, carbomer, perfume, cetyl alcohol, disodium edta, hydrated silica, aluminum hydroxide, alginic aicd, phenoxyethanol, methylparaben, propylparaben, BHT

Bahan yang bekerja sebagai UV Protection adalah butyl methoxydibenzoylmetahne, ethylhexyl methoxycinnamate, dan titanium dioxide. Bahan yang bekerja untuk mencerahkan kulit yaitu niacinamide dan sodium ascorbyl phospate. Produk vaseline ini juga mengandung vitamin E yang berasal dari baha Tocophery Acetate (Source:skin carisma)

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Niacinamide memiliki manfaat untuk melembapkan kulit, mengatasi jerawat pada kulit wajah, menyamarkan noda hitam, dan mencegah kanker kulit melanoma. Nah karena bahan niacinamide ini terdapat dalam produk handbody vaseline jadi nggak bisa buat mengatasi jerawat ya, kan ini handbody bahaya kalo dipake di wajah komposisi produk skincare untuk kulit badan dan kulit wajah berbeda ya. Niacinamide yang terdapat pada produk skincare dapat juga mengurangi peradangan pada kulit, merangsang produksi kolagen kulit jadi bekas hitam atau kulit badan yang menggelap dapat terlihat lebih cerah. (Source:hello sehat).

Tekstur lotion:

Lotionnya lumayan kentel, jadi kalo di botol udah tinggal dikit isinya aku naruh botolnya dibalik yang ada tutupnya dibawah. Biar gampang keluarnya pas mau dipake. Untuk lotion ini nyerap ke kulitnya agak lama dan nggak cepet kering kalo dibiarin di kulit. 

Untuk hasil dari before afternya untuk pemakaian vaseline healthy whitening:

2. Nivea Extract Instant Glow

Produk handbody yang kedua adalah Nivea Extra White Instant Glow. Sebenarnya aku harus mikir beberapa kali buat produk ini karena menurutku harga produk ini lebih pricey daripada nivea tapi ternyata 11-12 harganya. Aku beli produk ini seharga 21ribu dari 27ribu isi 200 ml saat ada diskon di alfamart (mon maap saya pecinta diskon, siap siaga cek promo online). Sebenarnya aku bukan mau beli varian Nivea yang extra white instant glow, tapi varian yang untuk malam hari atau night whitening dan pas mau beli varian yang aku cari kosong yaudah deh jadi beli yang ada aja. 

Klaim pada kemasan:
Sejak pertama kali pemakaian, formula dengan kandungan instant white reflector membuat kulit tampak cerah merata dan bercahaya.
Formula dengan kombinasi yang unik dari Deep White Essence:40X Vitamin C: dam Nivea Double UV protection dengan SPF15PA+, membuat kulit tampak cerah seketika, melindungikulit agar tidak kusam dan rusak akibat sinar UV matahari, melembapkan dan memberikan kenyamanan akan kelembutan yang dapat langsung kamu rasakan setiap hari
Dikembangkan khusus untuk memnuhi kebutuhan kulit wanita Asia. Kualitas NIVEA menjajikan:
*Telah diuji secara dermatologi cocok untuk kulit
*Bahan yang digunakan dipilih secara teliti berdasarkan standar kualitas yang ketat
*kombinasi dari konsentrat Vitamin C, UVB filter, dan UVA filter yang melindungi lapisan dalam kulit
**camu camu dibandingkan dengan ekstrak lemon

Ingredients:

Aqua, C12-15 Alkyl Benzoate, glycerin, alcohol denat, butyl methoxydibenzoylmethane, octocrylene, phenyl benzimidazole sulfonic acid, cetyl alcohol, dimethicone, palmitic acid, stearic acid, CI 77891, Cetyl Palmitate, glyceryl stearate, phenoxyethanol, tapioca starch, sodium hydroxide, carbomer, methylparaben, ethylparaben, trisodium EDTA, myristic acid, sodium ascorbyl phosphate, propylene glycol, arachidic acid, oleic acid, Vitis vinifera seed oil, ubiquinone, citric acid, malpighia glabra fruit juice, benzoic acid, trideceth-9, licorice (glycyrrhiza glabra) extract, Myrciaria dubia fruit juice, CI 15985, 16035, Parfum

Bahan dalam produk ini yang bermanfaat untuk mencerahkan berasal dari glycyrrhiza glabra (licorice) leaf extract dan sodium ascorbyl phospate. Produk ini mengandung bahan UV Protection yang terdiri dari butyl methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, dan phenyl benzimidazole sulfonic acid. (source: skin carisma)
Licorice extract merupakan extract yang didapat dari akar manis yang biasanya digunakan sebagai pemanis alami, jika digunakan dalam produk skincare extract ini bermanfaat sebagai anti-mikroba, anti peradangan, anti-aging, dan mencerahkan kulit (source: journal sociolla). Dalam produk ini ternyata terdapat bahan sunscreen yang termasuk dalam 8 awful must be avoid yaitu octocrylene. Dikutip dari tropicsport.com too much octocrylene can have harmful side effects. Karena bahan ini sangat mudah terserap ke dalam kulit, jadi zat ini mudah tertimbun di dalam tubuh atau lapisan kulit paling dalam dan jika lebih banyak  berinteraksi atau tercampur dengan bahan kimia lain dapat menyebapkan produksi radikal oksigen yang dapat merusak sel dan menyebabkan mutasi.
Bahan sunscreen yang aman adalah yang terbuat dari zinc oxide dan titanium dioxide

Untuk produk yang mengandung bahan sunscreen octocrylene yang sudah terlanjur dipakai secara rutin kek aku, overall masih aman aja. Tapi mungkin nanti aku bakal mikir lagi mau tetep pake produk ini atau tidak. Side effect octocrtlene lumayan nyeremin, dan bahan ini termasuk dalam delapan bahan sunscreen yang berbahaya untuk alam seperti terumbu karang jika digunakan saat berenang di laut. 

Tekstur lotion:
Lotionnya nivea ini lebih encer daripada vaseline, jadi kalo udah di kulit kudu cepet-cepet diratakan biar nggak keburu kering si lotionnya.

Untuk hasil dari before afternya untuk pemakaian nivea extract white instant glow:

Review:
kiri nivea | kanan vaseline

kiri nivea | kanan vaseline
Overall kedua produk ini memiliki manfaat yang sama untuk mecerahkan kulit, dan menurutku itu benar-benar bekerja dikulitku, sayangnya aku baru notice setelah nulis review kalo ada salah satu bahan berbahaya yang termasuk 8 awful dalam produk yang aku pakai

Kedua produk ini jika dipakai secara rutin pada pagi dan malam hari bener-bener bekerja untuk mengatasi kulit badan yang belang. Kalo caraku, Vaseline aku pake pas pagi abis mandi sedangkan yang Nivea aku pake malem sebelum tidur. Pemakaian rutin selama 1-2 bulan aku sudah dapat hasil yang lumayan memuaskan. Jangan lupa buat exfoliate kulit badan menggunakan lulur untuk mengangkat kulit-kulit mati di badan. Kan fungsi dari hand body ini bukan buat ngangkat kulit mati, tapi menutrisi kulit badan.

Comments